MOLTEN CHOCOLAVA CAKE

MOLTEN CHOCOLAVA CAKE.www.resep-dewi.blogspot.com.jpg
molten coklat

Recipe source catatan-nina.blogspot.co.id

Bahan :
100 gr dark cooking chocolate (DCC), cincang
100 gr butter 100 gr gula pasir halus
2 butir telur utuh
2 kuning telur
85 gr tepung terigu protein sedang
15 gr coklat bubuk margarin dan coklat bubuk secukupnya untuk cetakan gula halus untuk dusting

Cara Membuat :
1. Oles cetakan / ramekin dengan margarin, simpan dalam kulkas hingga membeku, oles lagi dengan margarin dan taburi coklat bubuk. Sisihkan.
2. Tim DCC dan butter hingga leleh. Sisihkan.
3. Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan kental kemudian masukkan tepung terigu dan coklat bubuk sambil diayak. Kocok dengan kecepatan rendah atau aduk dengan spatula hingga tercampur rata.
4. Masukkan campuran coklat dan butter dalam 3 tahap. Aduk hingga tercampur rata.
5. Tuang ke dalam cetakan / ramekin hingga penuh dan simpan dalam kulkas minimal selama 20 menit.
6. Panaskan oven 200'C, panggang adonan selama 10-12 menit (saya 14 menit) hingga bagian atasnya set dan membentuk crust serta bagian tepi mulai menjauh dari cetakan. Angkat dan biarkan selama 1-2 menit. 7. Siapkan piring saji, balikkan cake, bagian atas menjadi dasar cake (upside down), taburi dengan gula halus dan siap disajikan hangat. Adonan setelah dikeluarkan dari kulkas dan siap dipanggang.

Notes :
- Sesuaikan waktu memanggang dengan ukuran cetakan yang dipakai. Apabila cetakan kecil, maka waktunya harus dikurangi, demikian sebaliknya. - Adonan molten cake ini bisa disimpan semalaman di kulkas dan baru dioven keesokan harinya. Apabila disimpan di freezer, maka adonan bisa tahan selama 1 bulan. Simpan adonan yang sudah dituang ke dalam cetakannya ya. - Tambahkan waktu pemanggangan 5 menit lagi apabila adonan yang dipanggang dalam keadaan beku